Date: 18-12-2018 Digital Publication Services : OSREL | JABM | JAM | ABMR | ABMCS

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERAHADAP KINERJA MELALUI KEPUASAN KARYAWAN

Detail
Author MOH. FAIZ AULIYA RAHMAN
Category Akuntansi dan Bisnis Syariah

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan, menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan, menganalisis dan menjelaskan pengaruh variable budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan karyawan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Mandiri Madiun sebanyak 50 orang karyawan dan diteliti semua sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, interview dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Dari hasil analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa: (1) H1 : dapat diterima dengan koefisien jalur (?Y1.X1) budaya organisasi (X1) terhadap kepuasan karyawan (Y1) sebesar 0.310 dan koefisien jalur (?Y1.X2) motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan karyawan (Y1) sebesar 0.437. (2) H2 dapat diterima, dengan koefisien jalur (?Y2.X1) budaya organisasi (X1) terhadap kinerja karyawan (Y2) sebesar 0.240, koefisien jalur (?Y2.X2) motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y2) sebesar 0.301. (3) H3 dapat diterima. Besarnya pengaruh budaya organisasi (X1) terhadap kinerja karyawan (Y2) melalui kepuasan karyawan (Y1) yaitu sebesar 0,117 dan besarnya pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y2) melalui kepuasan karyawan (Y1) yaitu sebesar 0,167. (4) Budaya organsiasi sudah melekat dalam diri karyawan Bank Mandiri Madiun, tetapi kalau melalui kepuasan karyawan pengaruhnya lebih kecil yaitu sebesar 0,117 daripada pengaruh langsung terhadap kinerja karyawan sebesar 0,437. (5) Motivasi kerja sudah tepat diterapkan pada Bank Mandiri Madiun, tetapi kalau melalui kepuasan karyawan pengaruhnya lebih kecil yaitu sebesar 0,167 daripada pengaruh langsung terhadap kinerja karyawan sebesar 0,301. (6) Dari hasil koefisien determinasi sebesar 0.763 yang berarti informasi yang terkandung dalam data adalah sebesar 76,3% dapat dijelaskan oleh model (budaya organisasi, motivasis kerja, kepuasan karyawan), sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang belum ada di dalam model dan error yaitu sebesar 23,7%.